ASSESORIS KREATIF DARI SAMPAH BAGI ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AISYIYAH KOTO TANGAH MUARO PENJALINAN KOTA PADANG

Main Article Content

Nora Susilawati
Hendra Naldi

Abstract

Sampah adalah sesuatu yang biasanya dipandang oleh orang sebagai barang yang kotor, tidak berguna, dan harus dibuang. Ini adalah suatu persepsi yang tidak tepat, karena sampah jika diolah dengan baik dan kreatif dapat menjadi barang yang berguna dan bernilai ekonomi. Jadi, sampah tidak selamanya harus dibuang, karena dapat diubah menjadi beraneka produk yang berharga. Sampah-sampah seperti sampah plastik, botol-botol bekas dan kain perca dapat diubah menjadi tas, bros, kotak pensil, payung, bunga dan lain sebagainya. Tulisan ini akan menguraikan bagaimana pembuatan assesoris kreatif yang dibuat oleh para anak asuh  di Panti Asuhan Aisyiyah Koto Tangah Muaro Penjalinan Kota Padang. Assesoris yang dibuat adalah bros, tas kecil, dan kotak pensil yang terbuat dari kain-kain perca yang tidak terpakai. Sebelum pembuatan assesoris terlebih dulu diberikan pengetahuan tentang dampak sampah terhadap manusia dan lingkungan dan bagaimana mengolah sampah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Susilawati, N., & Naldi, H. (2019). ASSESORIS KREATIF DARI SAMPAH BAGI ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AISYIYAH KOTO TANGAH MUARO PENJALINAN KOTA PADANG. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 8-15. https://doi.org/10.24036/abdi/vol1-iss1/3
Section
Articles

References

Korten, David C & Syahrir. (1996). Pembangunan Berdimensi Kerakyatan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Lauer, H. Robert. (1988). Perspektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta: Bina Aksara.

Martono, Nanang. (2011). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Soekanto, Soerjono. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suharto, Edy. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Syafrini, Delmira & Nora Susilawati. (2012). Perubahan Kehidupan Masyarakat Melalui Bank Sampah (Studi Kasus : Bank Sampah Barokah Assalam Perumahan Dangau Teduh Kecamatan Lubuk Begalung Padang). Laporan Penelitian, UNP.

Syafrini, Delmira & Nora Susilawati. (2015). Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Mengembangkan Wisata Keluarga di Kawasan Wisata Pantai Purus Padang. Laporan Penelitian, UNP.

Syafrini, Delmira & Nora Susilawati. (2017). Pembinaan Anak Panti Asuhan Menjadi Wirausaha Kreatif Dengan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Menjadi Assesoris Unik dan Bernilai Jual di Panti Asuhan Asyiyah Ampang Kota Padang. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat, UNP.