Penulisan Notasi Angka Menggunakan Parnumation 3.0 sebagai Upaya Pemanfaatan Teknologi pada Era Disrupsi

  • Fajry Sub'haan Syah Sinaga Universitas Negeri Padang
  • Emah Winangsit Universitas Negeri Padang
Keywords: Notasi Angka, Parnumation 3.0, Penggunaan

Abstract

Berdasarkan penelitian (S. S. Sinaga, 2010) seorang guru musik harus mampu menuliskan notasi musik dalam proses pembelajaran musik. Artikel ini memberikan pengantar tentang cara menulis notasi musik bernomor menggunakan Parnumation 3.0 sebagai upaya untuk memanfaatkan teknologi di era digital. Penelitian ini menggunakan analitik deskriptif dengan metode pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan studi literasi yang mendukung langkah-langkah untuk mengirimkan notasi angka menggunakan parnumation 3.0. Penelitian membuktikan bahwa penggunaan parnumation 3.0 memberikan kemudahan dalam penulisan notasi angka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chrisantyo, L., Hartanto, R., & Nugroho, L. E. (2012). Pengembangan Aplikasi Konversi Representasi Not Balok Ke Not Angka Untuk Paduan Suara Campur. Jurnal Informatika, 8(1).

Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2016). Literasi Dini Melalui Teknik Bernyanyi. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 3(1), 70–91.

Julia, J. (2017). Pendidikan Musik: Permasalahan dan Pembelajarannya. UPI Sumedang Press.

Manab, H. A. (2015). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Kalimedia.

Margono, S. (2005). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramadhani, R. A., & Raharjo, I. B. (2017). Transformation Of Technology On Learning Notation Numbers Through Parnumation 3.0 Media. In Proceeding of International Conference on Art, Language, and Culture (pp. 68–74).

Saker, B. B. M. (2008). Music in Theory and Practice Vol 1. (Marley Magaziner, Ed.). William Glass.

Setyawan, D. (2018). Pemanfaatan Software Sibelius sebagai Media Pembelajaran Musik. IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology, 1(2).

Sinaga, F. S. S., Maestro, E., Winangsit, E., & Yensharti, Y. (2019). Learning and Singing: Thematic Children Songs in Kindergarten. In Seventh International Conference on Languages and Arts (ICLA 2018). Padang: Atlantis Press. Retrieved from https://www.atlantis-press.com/article/55914484

Sinaga, S. S. (2010). Pemanfaatan Dan Pengembangan Lagu Anak-Anak Dalam Pembelajaran Tematik Pada Pendidikan Anak Usia Dini / Tk. Harmonia: Journal of Arts Research and Education. https://doi.org/10.15294/harmonia.v10i1.55

Tobing, O. (2018). Manajemen Paduan Suara Consolatio Universitas Sumatera Utara. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 2(2), 57–61.

Published
2019-12-06
How to Cite
Sinaga, F., & Winangsit, E. (2019). Penulisan Notasi Angka Menggunakan Parnumation 3.0 sebagai Upaya Pemanfaatan Teknologi pada Era Disrupsi. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 70-77. https://doi.org/10.24036/abdi.v1i2.17