Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Geografis Berbantuan Peta dan Citra pada Siswa SMA

  • Febriani Safitri Universitas Cenderawasih
  • Alfasis Romarak Universitas Cendrawasih
  • Renny Thereesje Tumober Universitas Cendrawasih
Keywords: Citra, Peta, Teknik pengumpulan data

Abstract

Pembelajaran penelitian-penelitian geografi merupakan salah satu goal pendidikan dalam Kurikulum 2013. Kompetensi yang harus dicapai siswa dalam materi ini adalah memahami langkah-langkah penelitian geografi, termasuk teknik-teknik pengumpulan data geografis. Karena itu, diperlukan pelatihan bagi siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teknik pengumpulan data geografis. Kegiatan pelatihan menggunakan media peta dan citra. Luaran utama yang diharapkan dalam pengabdian  ini adalah jurnal atau publikasi ilmiah. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah siswa SMA YPK Diaspora Kotaraja dengan lokasi kegiatan di sekolah dan Kawasan Pantai Base-G, Kota Jayapura. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam bentuk pemberian materi, praktek interpretasi peta dan citra. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa siswa peserta pelatihan telah mampu mengumpulkan data geografis melalui interpretasi peta dan citra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Susilana R, Ihsan H. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Jurnal Edutech, 2(1).

Nofrion. (2015). Penguatan Kurikulum dan Pembelajaran Geografi. Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Yunus H.S. (2010). Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Somantri L. (2009). Teknologi Penginderaan Jauh (remote sensing). Kegiatan Kunjungan Siswa dan Guru MAN Cibalong ke Laboratorium Jurusan Pendidikan Geografi. UPI

Published
2019-12-06
How to Cite
Safitri, F., Romarak, A., & Tumober, R. T. (2019). Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Geografis Berbantuan Peta dan Citra pada Siswa SMA. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 44-49. https://doi.org/10.24036/abdi.v1i2.11