PEMANFAATAN POTENSI BUDAYA LOKAL DALAM PEMBANGUNAN EKOWISATA

Main Article Content

Erda Fitriani
Selinaswati Selinaswati

Abstract

Pengabdian masyarakat telah dilakukan pada kelompok PKK di Nagari Sungai Pinang Kecamatan Koto IX Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.  Pelaksanaan pengabdian selama enam bulan, dari bulan Juni sampai November tahun 2018. Masyarakat dapat berpartisipasi terutama kaum ibu-ibu dalam pembangunan pariwisata dengan menggunakan potensi yang dimiliki oleh budaya lokal yaitu sulam bayang sebagai ciri khas dari masyarakat Pesisir Selatan. Tujuannya yaitu untuk peningkatan ekonomi rumah tangga pada masyarakat maritim yang berada di kawasan pariwisata Mandeh. Metode yang digunakan adalah metode partisipasi aktif. Mekanisme kegiatan dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu penetapan kelompok sasaran, identifikasi budaya lokal, pelatihan, monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatnya animo ibu-ibu PKK untuk bersama-sama mengembangkan budaya lokal sulam bayang sebagai salah satu wirausaha yang dapat membantu peningkatan pendapatan rumah tangga sekaligus melestarikan budaya lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriani, E., & Selinaswati, S. (2019). PEMANFAATAN POTENSI BUDAYA LOKAL DALAM PEMBANGUNAN EKOWISATA. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.24036/abdi/vol1-iss1/1
Section
Articles

References

A.Tomi. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan Nagari Sungai Pinang. Skripsi, Universitas Andalas.

Damanik dan Helmut F. Weber. (2006). Perencanaan Ekowisata: Dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: Pusat Studi Pariwisata dan Penerbit Andi.

Erda Fitriani. (2017). Partisipasi Masyarakatdalam Pembangunan Ekowisata Nagari Sungai Pinang. Laporan Penelitian, UNP

Soekadijo, R. G. (1997). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia.

Spillane, James. (1994). Pariwisata Indonesia: Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Yogyakarta: penerbit Kanisius.

Pitana, I Gede . (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.